-->

Cara Membedakan Jenis Batu Akik Merah Siam Asli Dan Palsu

Cara membedakan jenis batu akik Merah Siam asli dan palsu dapat melihat ciri khasnya. Bentuk dari batu akik ini adalah bulat hampir mirip seperti telur ayam yang di bagian atasnya mempunyai kubah. Warna merahnya bisa ditembus oleh cahaya. Kalau menerapkan kaca pembesar dalam mengamatinya, maka akan terlihat guratan garis-garis mineral di dalamnya. 

Ciri khas tersebut tidak bisa dijumpai pada versi baru Merah Siam palsu.Tingkat kekerasan batu Merah Siam sangat tinggi, mencapai 9 skala Mohs. Kalau batu diketuk-ketukan dengan besi, maka akan memberikan suara yang padat.

Keberadaan batu akik Merah Siam mulai populer sejak tahun 2010an. Batu akik tersebut semakin naik daun sejak tahun 2015, dimana terjadi demam batu akik di Indonesia. Harga jualnya terbilang tinggi mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Sangat tergantung dari kualitas batu dan keindahan yang ditampilkannya. Cara membedakan batu asli dan palsu, bisa juga dengan menempelkannya pada kulit Anda. Kalau terasa dingin bisa dikatakan merupakan batu asli.

Cara lain bisa dengan membakarnya atau menyulutnya dengan korek api. Batu tersebut akan terasa panas, tapi hanya sesaat saja. Karena setelah dikeluarkan dari bara api, maka batu tersebut akan kembali menampilkan karakter aslinya yaitu kembali menjadi dingin. Untuk kualitas yang lebih akurat, lebih disarankan membeli batu Merah Siam yang telah memiliki sertifikat resmi dari laboratorium Gemologi.









Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Membedakan Jenis Batu Akik Merah Siam Asli Dan Palsu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel